Monday, August 9, 2010

Ngaji Internet, Aktivitas Masjid Al Akbar Sambut Ramadhan

Ngaji Internet, Aktivitas Masjid Al Akbar Sambut Ramadhan
Interior Masjid Al Akbar, Surabaya

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (MAS), Jawa Timur menggelar serangkaian pengajian, ibadah dan amal shaleh untuk menyemarakkan Ramadhan 1431 Hijriah, di antaranya pengajian internet. "Itu bagian dari program 'Ayo Ngaji' untuk menyiasati sisi negatif teknologi informasi yang cenderung merusak moralitas anak muda," kata Ketua Panitia 'Rammadhan Kariim' MAS, Helmy M Noor, di Surabaya, Selasa (10/8)

Materi pengajian internet itu berubah setiap hari, katanya, yakni hari Senin bertema Bisnis Islami dan hari Selasa bertema Konsultasi Keluarga Sakinah dan Jelajah Situs Islami. "Untuk hari Rabu bertema Tafsir Interaktif, hari Kamis bertema Fiqh Interaktif, hari Jumat bertema Al Quran Online, hari Sabtu bertema Moslem Entertainment, dan hari Minggu bertema Facebook dan Twitter," katanya.

Humas MAS itu mengatakan "Ngaji Internet" itu berlangsung mulai pukul 13.00-14.30 WIB dengan layanan gratis Wifi serta menyediakan 10 sarana komputer. Pengajian internet akan dipandu instruktur yang mengajak para peserta atau jamaah untuk browsing atau menjelajah konten sesuai dengan tema harian, setelah itu para ustadz akan mengkaji dan dialog dengan peserta," katanya.

Untuk kajian fiqih kontemporer misal, peserta akan diajak menelusuri laman (situs/website) apa saja yang terkonsentrasi pada kajian fiqih. "Setelah menemukan lama itu, peserta bisa mendiskusikan dengan Prof Dr H Ahmad Zahro MA, (Fiqh Kontemporer), Prof Dr HM Roem Rowi (Tafsir Tematik), Dr Hj Hasniah Hasan (Life Style dan Keluarga Sakinah), dan H Abdul Hamid Syarifuddin (Al Quran Online)," paparnya.

Selain itu, ngaji internet juga akan dipandu insruktur untuk "browsing" yakni ustadz ternama Yusuf Manshur, Jefri Albukhori, dan sebagainya melalui situs jejaring facebook, twitter, dan yang lain.

"Ramadhan Kariim"


Helmy mengatakan pengajian dunia maya itu sudah diluncurkan saat program "Ramadhan Kariim (Ramadhan Yang Mulia), Ayo Ibadah, Ngaji dan Berbagi" itu diresmikan Wagub Jatim H Saifullah Yusuf pada 6 Agustus lalu. Menurut dia, program "Ramadhan Kariim" itu memadukan unsur ibadah reguler, ngaji interaktif, berbagi zakat, infaq, dan shadaqah, wisata kuliner, wisata belanja, konsultasi bisnis syariah, dan bazar Ramadhan.

Makna 'Ayo Ibadah' ada pada program reguler yang berjalan efektif seperti shalat lima waktu, tarawih dan shalat malam. "Panitia akan menyempurnakan dengan penyelenggaraan Shalat Malam Ganjil berjamaah yang dipadu sahur bersama," katanya.

Untuk makna "Ayo Ngaji" ada pada program kajian agama melalu pengajian tarawih bersama mubaligh ternama Jatim, mengaji Quran Tadarus bersama huffadz (penghafal Quran), dan mengaji bakda Subuh bersama ustadz pilihan jamaah. "Tahun ini, panitia akan mengadakan Ngaji Takjil (menjelang buka) dengan konsep interaktif dengan sentuhan entertainment, termasuk program ngaji internet yang tergolong baru itu," katanya.

Untuk makna "Ayo Berbagi" ada pada program berbagi ilmu dan kebahagian Ramadhan melalui penggalangan infaq Ramadhan, zakat dan shadaqah serta mendistribuskannya kepada yang berhak. "Gubernur Jatim Soekarwo membantu 300 paket sembako, Kadinda Jatim membantu 17.8.45 nasi takjil, dan Giant membantu "screen" dan LCD 2 unit untuk merelay kegiatan ibadah, serta bingkisan untuk 500 guru diniyah, takmir mushalla dan yatim piatu," katanya.

Selain itu, PT Telkom Indonesia membantu kurma 1,2 ton dan 2000 nasi takjil. "Kami juga menunggu bantuan umat Islam melalui Ramadhan Corner di Sekretariat MAS guna menyemarakkan Ramadhan 1431 Hijriah dengan ibadah dan amal shaleh," tuturnya.
Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Ant
http://www.republika.co.id/berita/ramadhan/berita-ramadhan/10/08/10/129244-ngaji-internet-aktivitas-masjid-al-akbar-sambut-ramadhan

No comments:

Post a Comment